Tips Minum Obat Agar Sesuai Dosis dan Cara Pakai -
Home / TIPS / Tips Minum Obat Agar Sesuai Dosis dan Cara Pakai
Tips Minum Obat Agar Sesuai Dosis dan Cara Pakai

Tips Minum Obat Agar Sesuai Dosis dan Cara Pakai

  1. Sebelum menerima resep obat di dokter, kamu harus menanyakan cara pakai obat kepada dokter. Kalau perlu minta penjelasan secara umum saja obat apa yang bakal kamu minum itu.
  2. Setelah memberi resep, membayar dan menerima obat di apotek kamu sebaiknya konsultasi ke Apoteker yang bertugas disana, mereka berkewajiban memberikan KIE, yaitu Komunikasi, Informasi dan Edukasi kepada pasien yang membeli obat di apotek.
  3. Hapalkan cara pakai obat itu, dari segi cara pakai : ditelan, dikunyah, diletakkan di bawah lidah atau dihisap. Ingat jika salah cara pakai obat maka obat bisa tidak berfungsi.
  4. Kapan obat tersebut diminum ? Pagi, siang, sore atau Malam. Berapa kali sehari kamu harus minum obat itu apakah sebelum makan atau sesudah makan.
  5. Kenali efek yang mungkin timbul dari minum obat-obatan, ini penting agar kamu tidak menyangka bahwa kamu sedang sakit. Misalkan : Tablet Captopril gol.Ace inhibitor biasanya muncul efek batuk kering, kalau kamu tidak tahu kamu bisa saja periksa ke dokter paru-paru, padahal itu masalah efek samping obat yang berhenti jika obat berhenti diminum.

738 total views, 3 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link