Tips Membeli Obat Demam/Panas di Apotek -
Home / TIPS / Tips Membeli Obat Demam/Panas di Apotek
Tips Membeli Obat Demam/Panas di Apotek

Tips Membeli Obat Demam/Panas di Apotek

Definisi demam pada anak adalah suhu tubuh 38,3 C, tubuh anak hangat, dan biasanya menggigil. Demam ini harus diukur dengan termometer, tidak bisa hanya dengan tangan oleh sebab itu saya sarankan anda beli termometer untuk memastikan anak anda demam/tidak. Meski tidak berbahaya demam membuat tubuh tidak nyaman, hal ini disebabkan oleh keluarnya mekanisame pertahanan tubuh. Pada anak-anak demam biasanya diikuti gejala  lemah, lesu, rewel, tidak nafsu makan, nyeri tenggorokan, batuk, nyeri telinga, muntah atau diare.

Obat untuk menurunkan panas di sebut dengan nama Antipiretik,  mengandung bahan aktif Parasetamol dan Ibuprofen. Bukan merek ya, bahan aktif/zat yang berfungsi menurunkan demam itu kalau tidak Parasetamol ya Ibuprofen, ada juga Metamizole/antalgin yang kini sudah mulai ditinggalkan.  Parasetamol nama lainnya Acetaminophen, di apotek dijual dengan merek Panadol, Dumin, Sanmol, Ottopan, kandungannya sama saja kok Ya Parasetamol. Yang beda apanya : Formulanya, Rasanya, dan Kemasannya.

Berikut ini tips untuk membeli obat di apotek :

1.Jika Demam dan Menggigil
Jangan membungkus Anak atau tubuh anda dengan Selimut, salah jika anda beranggapan demam itu harus ditutup selimut agar berkeringat dan suhunya turun. Biarkan tubuh tertiup angin, aliran udara yang segar. Gunakan pakaian longgar, celana pendek, kain tipis untuk menutup tubuh, semakin tubuh terkena udara semakin  membantu suhu tubuh jadi normal kembali. Apalagi jika anda kena Typhoid/DBD bisa jadi anda semakin menggigil ketika membungkus tubuh dengan selimut.

2. Anda harus ke Puskesmas atau ke dokter
Jangan ke apotek membeli obat jika anak anda : Kejang-kejang, terlihat sakit, lemas,  kesadaran turun, punya gangguan sistem imun,  radang tenggorok, sakit kepala, merah, dan nyeri telinga.

3.Obat Penurun Panas di Apotek hanya untuk pertolongan pertama
Ingat itu hanya untuk menurunkan demam, bukan untuk mengobati, bayi usia dibawah 2 tahun sebaiknya bawa ke dokter jika dalam waktu 1 hari tidak menunjukkan penurunan demam. Usia 2-3 tahun jika lebih dari 3 hari tidak ada perubahan. Jika tidak ada perbaikan demam anda sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Mungkin anda infeksi , atau ada gangguan fisiologis lain sehingga diperlukan obat tambahan atau tindakan medis lain.

4.Jangan Memberi/Minum Antibiotik tanpa resep
Meski banyak yang punya pengalaman menggunakan amosisilin atau antibiotik lain, tapi disarankan anda tidak minum antibiotik.  Apotek sekarang sudah mulai mengurangi peredaran antibiotik ilegal, penggunaan antibiotik yang tidak sesuai akan menyebabkan pola pengobatan anda tidak rasional, biaya bisa meningkat karena ada kemungkinan resistensi, atau penyakit lain yang mungkin muncul

5.Minum Obat Sesuai Dosis
Jangan gunakan dosis tinggi dengan harapan demam cepat turun, atau meningkatkan frekuensi pemberian obat dari 3 kali  menjadi 4 kali. Lebih baik gunakan dosis sesuai standar yang tertera di kemasan. Mengkonsumsi obat Parasetamol atau Ibuprofen yang  berlangsung cukup lama, bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan seperti kerusakan ginjal atau hati.

Terimakasih, Semoga informasi bermanfaat ya.

—++—

Sumber  

Janice E. Sullivan, MD, Henry C. Farrar, MD, and the SECTION ON CLINICAL PHARMACOLOGY AND THERAPEUTICS, and COMMITTEE ON DRUGS, Guidance for The Clinician In rendering Pediatric Care, Clinical Report—Fever and Antipyretic Use in Children American Academi of Pediatric, 2011. P.580 F PEDIATRICS, Diunduh dari www.aappublications.org/news, February 10, 2019

Jennifer L Hamilton, MD, PhD, FAAFP, Drexel University College of Medicine, Philadelphia, Pennsylvania SONY P. JOHN, MD, Chester County Hospital, West Chester, Pennsylvania, Evaluation of Fever in Infants and Young Children, diunduh dari American Family Physician Web site di www.aafp.org/afp. Copyright © 2013 American Academy of Family Physicians.

Mayo Clinic, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/diagnosis-treatment/drc-20352764

Web Md, https://www.webmd.com/first-aid/fevers-causes-symptoms-treatments#1

269 total views, 1 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link