Tips Membawa Obat Saat Traveling -
Home / TIPS / Tips Membawa Obat Saat Traveling
Tips Obat Untuk Traveling

Tips Membawa Obat Saat Traveling

Terkadang kita  perlu membawa obat  saat traveling, backpacker, wisata atau jalan-jalan,  tapi jangan semua obat dibawa karena bisa menyusahkan, apalagi beberapa negara melarang turis membawa obat masuk ke negaranya. jadi sebaiknya anda  buat prioritas untuk membawa obat tertentu, selain itu ada juga pengetahuan yang perlu diketahui ketika traveling.  Berikut beberapa tips obat saat anda traveling :

  1. Nama Obat Tiap Negara itu Berbeda
    Di Indonesia anda bisa kenal dengan obat Telfast, Triatec dan Norvask, namun di luar negeri obat ini memeliki nama berbeda, Telfast disana bernama Allegra, Triatec bernama Altace dan Norvask, tulisannya berbeda menggunakan huruf C menjadi Norvasc.
  2.  Anti mabuk
    Kandungannya Dimenhidrinat 12,5 mg di Indonesia terkenal banget obat dengan merek Antimo, fungsinya mencegah kamu  mabuk . Minum antimo bisa dilakukan setengah jam sebelum perjalanan, jangan sudah diatas mobil/kendaraan supaya kamu bisa lebih nyaman ketika ada di dalam kendaraan..
  3. Penghilang Nyeri
    Termasuk obat sakit kepala, obat nyeri Haid/datang bulan, nyeri otot dan sakit gigi, kamu bisa beli di apotek terdekat dan meminta penghilang nyeri untuk diminum sepanjang jalan kalau kamu lagi sakit saja ya.
    Bisa dibaca sumber artikel  berikut cara membeli obat penghilang nyeri tips membeli obat penghilang nyeri .
  4. Obat Penyakit Kronis
    Pasien dengan penyakit kronis seperti hipertensi, kolesterol dan diabetes maka sebaiknya membawa obat pribadi dan jangan sampai membeli di luar negeri/kota ya, karena ketersediaan obat itu belum tentu ada ditempat tujuan anda. Selain itu kadang diperlukan resep untuk membeli obat tersebut. Kalau bisa siapkan obat penyakit kronis dalam jangka waktu cukup selama perjalanan, misalkan 30 hari jadi kamu tidak perlu membeli obat lagi.
  5.  Beberapa negara mensyaratkan Vaksin
    Beberapa vaksin bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan perjalanan antara lain :  Vaksin Hepatitis A/B, Typhoid dan Paratyphoid, Meningitis, Yellow Fever, Rabies, Japanese Encephaitis. Jamaah calon haji yang berkunjung ke Saudi Arabia harus di vaksin meningitis, meski tidak disyaratkan namun kadang ditambahkan vaksin flu. Vaksin yellow fever atau demam kuning diperlukan untuk yang berkunjung ke beberapa negara di Afrika dan Amerika Selatan.
  6. Jika harus beli Obat, beli di Apotek !
    Ketika traveling jangan membeli obat di toko obat atau di warung, silahkan datang ke apotek dan sampaikan kebutuhan anda kepada Apoteker yang bertugas disana, jika diperlukan resep obat anda bisa konsultasi ke dokter lebih dulu.
  7. Bawa Kartu Asuransi
    Bawalah kartu asuransi anda misalkah BPJS, PRUDENTIAL, ALLIANZ, AXA LIFE, BRI LIFE ini untuk kemudahan jika terjadi sesuatu kepada anda ketika sedang dalam perjalanan.
  8. Sediakan Kantong /Tas Khusus Obat
    Kantung obat pribadi adalah kantung yang berisi obat milik anda, kantong obat pribadi ini membantu anda untuk mengingat obat, kebutuhan obat dan  kantong pribadi  ini bisa dibawa ke dalam tas yang anda selalu bawa.
  9. Khusus Naik Pesawat
    Jangan memasukkan obat pribadi anda ke dalam bagasi, karena ada kemungkinan pesawat terlambat terbang, tidak bisa mendarat karena cuaca atau kembali ke pangkalan awal. Anda sebaiknya memiliki tas ransel, tas jinjing yang dibawa ketika naik pesawat berisi obat pribadi milik anda.Sumber :
    1.Obat dan vaksin  https://www.webmd.com/vaccines/features/travel-vaccines#2
    2. Tips membeli obat penghilang nyeri http://www.bernadimalik.com/tips-membeli-obat-penghilang-nyeri/

188 total views, 2 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link