Kenali Dulu Obat Maag Yang Dijual di Apotek -
Home / KESGA / Kenali Dulu Obat Maag Yang Dijual di Apotek
Obat Maag Yang Dijual di Apotek

Kenali Dulu Obat Maag Yang Dijual di Apotek

Obat Maag itu bukan obat untuk puasa loh ya,  jangan minum obat sembarangan, Obat ini ditujukan untuk anda yang sedang megnidap gastritis/maag. Kalau kamu puasa sebaiknya kamu sahur dengan makanan yang sehat. Jangan tidak sahur karena itu bisa membuat kamu jadi kurang nyaman ketika berpuasa.  Berikut ini adalah beberapa informasi sebelum minum obat maag :

  1. Maag/gastritis adalah obat gangguan lambung karena peradangan ketika lambung mengalami iritasi. Misalkan disebabkan infeksi bakteri, stress, pengaruh makanan, minuman atau bahkan beberapa obat-obatan. Maag, gastritis Bisa menyebabkan asam lambung meningkat, gangguan fisiologis, atau gangguan psikis. Cara Kerja Obat Maag Adalah Sebagai Berikut : i.  Menetralkan asam lambung : contoh : Antasida, Mylanta, Promag.
    ii. Antagonis H-2 : contoh : Ranitidine, Simetidine, Famotidine,  Zantac. iii. Menghambat Pompa Proton : Contoh : Omeprazole, Lanzoprazole, Esomeprazole. iv. Melindungi permukaan lambung, Contoh :  Sukralfat.
  2. Pasien yang anemia perlu disuntik dengan Vitamin B12. Atau pasien yang mengalami stress dan serangan panik akan diberikan obat golongan antidepressan atau benzodiazepine. Tergantung dari beratnya keluhan yang disampaikan kepada dokter.
  3. Waktu minum obat maag/gastritis harus sesuai petunjuk dari dokter/apoteker. Contoh : tablet Antasida tidak boleh diminum bersamaan dengan tablet Cimetidin, diperlukan selang waktu agar absorpsi obat tidak terganggu biasanya minum antasida sebelum makan dan cimetidine setelah makan. Ada selang waktu dalam mengkonsumsi obat ini, misalkan 1 jam sebelum makan, atau 1 jam sesudah makan.
  4. Obat Antasida perlu dikunyah.Cara pakainya dikunyah dulu sebelum ditelan, jika kamu tidak mengunyah, bisa saja obat itu tidak pecah dilambung dan akan dikeluarkan kembali jadi tablet. Contoh obat itu antara lain : Promag, Mylanta, Tablet Antasida Doen.
  5. Gejala Maag itu hampir sama dengan sakit paru-paru, nyeri ulu hati, panas dan mual muntah. Kamu harus periksa ke dokter dulu untuk membedakan kamu sakit paru atau sakit maag. Caranya memeriksa gastritis yaitu dengan metode endoskopi, tes darah untuk melihat apakah ada anemia atau tidak, skrining bakteri Helicobacter pylori, tes feses.
  6. Cara menghindari maag bisa dengan menghindari penyebabnya, misalnya dengan menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, contohnya : alkohol, jus buah, makanan berlemak, panas, gorengan, pedas, kopi, dan minuman berkarbonasi.Hindari juga obat yang menyebabkan gastritis/maag, misalkan aspirin, dan obat penghilang nyeri/ NSAID.

 256 total views,  2 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link