Ini Panduan Memberi Nama Apotek Yang Bagus -
Home / BIGFARMA / Ini Panduan Memberi Nama Apotek Yang Bagus

Ini Panduan Memberi Nama Apotek Yang Bagus

Untuk anda yang ingin mendirikan apotek, ada saatnya anda harus memilih untuk memberi nama sebuah apotek. Ini beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1.  Hati-hati jika ada nama sama
    Ada beberapa provinsi yang mengatur bahwa nama apotek tidak boleh sama jadi anda harus memeriksa nama apotek anda di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi setempat. Caranya datang ke kantor dinas kesehatan provinsi lalu ajukan nama apotek anda,kalau ditemukan ada yang sama maka anda tidak boleh membuat apotek dengan nama tersebut.
  2. Tentukan jenis apotek anda, apakah apotek anda jenis apotek Modern yang ada di Mall, pusat belanja, para penggunanya kalangan atas ? sebaiknya anda menggunakan merek dengan kosakata bahasa inggris, ditambah dengan  kata unik, karena dapat mengasosiasikan kata itu menjadi mahal dan berkualitas. Contoh : Apotek Century, Guardian, Boots, Watson,  Jika apotek anda apotek tradisional dan semi modern maka pilihan kosakata bahasa indonesia masih paling tepat digunakan. Contoh : Apotek Kimia Farma, Apotek K24, Apotek Viva Generik.
  3. Menggunakan dua kosakata atau satu
    Putuskan mana nama apotek anda apakah akan terdiri dari satu atau dua suku kata. Apotek Kimia Farma, Apotek Jaya Farma adalah contoh apotek dengan dua suku kata, adapun apotek Sehat, Apotek Surabaya adalah apotek dengan satu kosakata.
  4. Gunakan Kosakata yang berhubungan dengan kesehatan dan Farmasi
    Kata : Sehat, Farma, Generik,  Kimia, Medika, Bugar, Fit, Segar  adalah kosakata yang berhubungan dengan kesehatan,  anda bisa menggabungkan kosakata itu dengan kosakata lain yang menarik dan berhubungan dengan dunia farmasi.
  5. Singkatan nama anda, keluarga atau tujuan
    Misalkan nama anda Agus Suhatardi, anda bisa menyingkat dengan ASTA lalu ditambah kosakata yang berhubungan dengan kesehatan. Atau bisa juga singkatan tujuan anda misalkan apotek Komplit menjadi K dan bisa ditambahkan menjadi K-Farma. Atau karena anda ingin buka apotek 24 jam lalu anda memilih  menambahkan kosakata di belakang kata pertama, misalkan ASTA24.
  6. Nama Anak/Istri kesayangan
    Biasanya memberi nama dengan nama kesayangan bisa dilakukan, misalkan memberi nama Anak, atau Istri, contoh ada sebuah apotek dengan nama Apotek Alfa Farma, alfa adalah anak pertama pemilik apotek, karena ingin mengabadikan nama anaknya akhirnya apotek ini menggunakan nama anak pertama. Ada juga Apotek Indah Farma, ini adalah nama pribadi pemiliknya yang bernama ibu indah.
  7. Nama kota/daerah selalu ada
    Anda bisa menemukan setiap daerah ada satu nama apotek sesuai dengan nama Kota/Kabupaten. Misalkan di Mojokerto ada Apotek Mojokerto di Palopo ada Apotek Palopo, dll. Anda bisa dengan mudah membuat nama ini dengan memeriksa apakah sudah ada nama apotek sesuai lokasi di daerah anda jika belum anda bisa membuat apotek ini.
  8. Hati-hati dengan kata berkonotasi negatif
    Kata-kata : Plus, 17 Tahun, Biru, Hitam, Koplo, Demam,   kadang bisa berkonotasi  negatif, sebaiknya anda hindari karena bisa memberi efek negatif untuk nama apotek. Hal ini tidak bisa ditawar lagi karena akan memberi kesan buruk kepada dunia farmasi ya.
  9. Bahasa indonesia dan bahasa daerah kadang artinya jelek.
    Kata Bandrek dalam bahasa Indonesia adalah minuman yang khas, terbuat dari gula merah, jahe dan bumbu, tapi dalam bahasa Sulawesi kata Bandrek bisa berarti PSK, hati-hati ya karena setiap daerah punya kosakata sendiri dan sebaiknya anda konsultasi dengan orang di daerah itu.Semoga anda terinspirasi memberi nama apotek anda dengan panduan di atas.

    Untuk  nama apotek yang kurang bagus silahkan baca artikel ini : Panduan Memberi Nama Apotek yang Kurang Bagus 

262 total views, 3 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link