Kopi Paling Enak di Palopo -
Home / RECEH / Kopi Paling Enak di Palopo

Kopi Paling Enak di Palopo

Setiap kopi punya story kadang filosofi, malam itu saya terdampar di trotoar kota Palopo. Ada sebuah mobil Suzuki Katana kuning berhenti setelah berkenalan pengemudinya bernama Bung Akram , dia bilang selalu minum kopi disana karena kopinya  enak. Kalau di tempat lain katanya “kopinya kurang nendang, kadang malah  kopi instant dalam sachet.”

Jadi mau cari kopi di Kota Palopo ? penikmat kopi punya sedikit pilihan padahal jaraknya hanya 60 km dari Kota Rantepao tempat Kopi Toraja dilahirkan . Di Jalan Andi Djemma di sebelah Kantor Pengadilan Agama ada sebuah tenda,  gerobak kayu dan beberapa kursi plastik di tata rapi namanya Kopi Brew. Disana saya berkenalan dengan Ahkam Hamka seorang barista “kopi sarjana” katanya gara-gara jualan kopi dia bisa lulus jurusan ekonomi manajemen di STIEM. Anehnya gerainya malah diberi nama Kopi Brew, bukan Kopi Sarjana yang menurut saya lebih ngehits.

Serius, Ahkam  Hamka jadi sarjana gara-gara kopi. Dia menjual kopi mulai pukul 19:00 sampai pukul  01:00 WITA meski masih mencari pekerjaan di pagi hari, dia masih mimpi jadi PNS seperti muda-mudi disini. Padahal dia memberi inspirasi, jauh melampaui mimpi anak-anak muda yang ingin sukses jadi birokrat. Ahkam meracik kopi, dia tak sadar bahwa itu adalah muatan lokal khas Palopo yang dapat dipromosikan dan diketahui oleh banyak orang.

Di hawker food di Kota Palopo ini satu cangkir espresso harganya Rp.5000, bisa pilih kopi dari Toraja, Seko atau Kopi lokal Palopo. Menurut Ahkam yang paling laris adalah kopi susu, harganya Rp.10.000. Saya sudah coba  kopi susu dan espressonya, rasanya mantap dan menegangkan,  siap-siap kalau Satpol PP datang, kita bakal kabur rame-rame.

Beberapa mobil berhenti memesan kopi dalam gelas plastik, malam makin larut masih ada beberapa anak muda yang main PUBG , masih ada beberapa klik yang sedang cerita atau ada sekumpulan anak muda yang baru datang pesan kopi. Lalu ada bus antar kota merek Garuda yang lewat, atau beberapa mobil yang ingin berhenti. Tak lama Bung Akram, pamit pulang naik Suzuki Katana kuning beliau masih lelah setelah main futsal.

Saya ingin bikin teori kalau Kopi Brew adalah salah satu kopi paling enak di Palopo, meski namanya lebih bagus kalau Kopi Sarjana. Mau kopi enak di palopo ? silahkan coba Kopi Brew. Salam ngopi ditunggu cangkir selanjutnya ya karena setiap kopi punya story kadang filosofi.

 

20 total views, 1 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link