Apa Keuntungan Konsultasi di Apotek ? -
Home / Uncategorized / Apa Keuntungan Konsultasi di Apotek ?

Apa Keuntungan Konsultasi di Apotek ?

Ada seorang pasien datang dan mengeluh batuk kering , hal yang amat mengganggu pekerjaannya. Sudah dua bulan ini dia memeriksakan dirinya ke poli umum, poli jantung dan poli paru namun belum juga ditemukan apa sebabnya. Dengan sedikit rendah hati saya tanyakan apakah ia mengkonsumsi obat lain selama ini ? ia menjawab bahwa selama ini ia mengkonsumsi Tablet Captopril. Tentu sebagai seorang apoteker saya langsung menyimpulkan (meskipun itu terlalu dini), bahwa kemungkinan terbesar penyebab batuk keringnya adalah karena mengkonsumsi tablet Captopril. Oleh karena itu saya mencoba berkonsultasi dengan dokter untuk menyampaikan keluhan pasien dan mencari solusinya.

Sebenarnya dengan konsultasi di apotek, tambahan informasi apa yang akan anda dapatkan ?

  1. Obat memiliki berbagai macam dosis
    Dosis obat memiliki banyak sekali variasi contohnya: Tablet Amoksisilina 500 mg harus dikonsumsi 3 kali sehari minimal selama 3 –  hari sedangkah Tablet Ciprofloksasina 250 mg harus dikonsumsi 2 kali sehari selama 3-5 hari dst.  Penting dalam mengkonsumsi antibiotika untuk menyelesaikan pengobatan selama 3-5 hari agar bakteri patogen akan musnah dan tidak menyebabkan resistensi kuman. Disamping itu terdapat juga tablet Metronidazol yang harus diminum 4 tablet sekaligus, atau Tablet Pirantel yang cukup diminum 1 kali saja. Berbagai macam dosis ini perlu anda ketahui dan pahami sebelum mengkonsumsi obat agar pengobatan anda berjalan dengan baik.

  2. Obat memiliki efek samping
    Benar semua obat memiliki efek samping dan mungkin sebaiknya anda sedikit mengetahui tentang hal ini. Hal  yang perlu diingat bahwa efek samping  sebenarnya jarang sekali muncul apabila anda telah mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dan dosis yang diberikan. Tidak ada obat yang tidak memiliki efek samping dan   Tidak semua efek samping akan muncul pada pemberian obat. Untuk kasus batuk kering pada pemakaian Tablet Captopril, kasus ini mungkin sangat sering dijumpai.

  3. Obat memiliki berbagai macam interaksi 
    Saya bukan menakut-nakuti anda tapi memang demikianlah kenyataannya. Antara obat yang satu dan yang lain saling memberikan interaksi, baik itu yang menguntungkan atau yang merugikan. Sebagai contoh : Tablet Cimetidin jika dikombinasi dengan Tablet Diazepam maka akan terjadi peningkatan kadar Diazepam dalam tubuh yang menyebabkan efek Diazepam menjadi lebih besar, hal ini sangat merugikan karena pada beberapa pasien diazepam dapat menyebabkan kantuk dan lemas. Oleh karena itu anda perlu mengetahui bagaimana cara menghindari dan mencegah terjadinya reaksi yang tidak diinginkan tersebut.

  4. Obat memiliki cara pakai yang berbeda-beda
    Mulai dari Tablet yang harus dikunyah, dilarutkan dan langsung ditelan, semuanya memiliki cara pakai yang berbeda. Menggunakan salep mata, tetes hidung, tetes telinga juga memerlukan teknik tersendiri yang anda akan dapatkan jika berkonsultasi di apotek.  Suppositoria, anal, vaginal dan uretra juga memerlukan cara pakai yang berbeda. Anda harus memastikan semua obat yang anda konsumsi telah dikonsumsi dengan cara yang benar.

  5. Obat bisa diganti dengan yang lebih Murah
    Tidak percaya ? bisa dibuktikan sendiri, beberapa obat mungkin tidak bisa diganti karena memang tidak ada pilihan, apalagi kalau menyangkut masalah kegawatdaruratan. Namun untuk mengganti obat yang lebih murah, bisa saja petugas di Apotek menghubungi dokter dan menyampaikan bahwa tuan”x” ingin obatnya diganti karena terlalu mahal , meskipun saya tidak janji semua Apoteker berani melakukan ini tapi apa salahnya anda mencoba berkata “bisakah saya mendapatkan obat yang lebih murah?”

  6. Apoteker adalah sahabat Anda
    Mungkin anda tak percaya, tapi coba buktikan sendiri! Jika anda datang ke Apotek cobalah berkenalan dengan Apoteker. Jika dia tidak bersahabat, cari saja apotek lain karena Apotek sekarang sudah bertebaran dimana-mana.  Apoteker adalah rekan anda dan akan sangat senang jika anda mau berbagi bersama anda dan anda tidak perlu  kuatir karena pelayanan Apoteker di Indonesia belum sampai pada taraf membayar setiap konsultasi. Jadi apa salahnya anda konsultasikan obat dan penyakit anda di apotek.

  7. Anda akan mendapat pengetahuan baru
    Percayalah, Apoteker di apotek tak akan segan-segan berbagi pengalamannya dengan anda, mereka punya segudang pengalaman yang bisa membuat anda terkagum-kagum atau anda akan heran dengan kelucuan-kelucuan yang bisa diceritakan kepada anda.

Jadi sebenarnya mengkonsumsi obat itu ada beberapa hal yang harus anda ketahui karena obat itu memiliki  interaksi, efek samping dan cara pakai yang amat bervariasi.

Jika anda belum pernah konsultasi obat di Apotek saya sarankan anda untuk mencoba berkenalan dengan rekan-rekan Apoteker yang bertugas disana, saya yakin mereka akan dengan senang hati menjadi sahabat anda untuk memberikan informasi obat.

 221 total views,  2 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link