Cara Belajar Satu Malam ala Apoteker -
Home / RECEH / Cara Belajar Satu Malam ala Apoteker
Cara Belajar Kebut Semalam ala Apoteker

Cara Belajar Satu Malam ala Apoteker

Dikenal dengan belajar SKS itu artinya sistem kebut satu malam, besok mau ujian malam ini baru belajar. Emang bisa ? ya bisa berhasil dan itu ada trik dan caranya. Bukan tiba-tiba  langsung fotokopi soal dan catatan kuliah malam hari lalu main belajar aja. Kebut semalam itu juga ada metodenya ini beberapa diantaranya :

 


1. Kumpulkan Bahan Kuliah, lengkap dari Senior di Awal Semester
Waktu kamu masuk kuliah kamu kan mengikuti orientasi mahasiswa, nah salah satu fungsinya itu akrab dengan kakak kelas, mereka itu punya kumpulan soal, kumpulan catatan yang sudah bertahun-tahun seliweran di kampus. Biasanya soal-soal ujian berkisar itu-itu saja semakin banyak kamu punya koleksi contoh soal/catatan semakin mudah kamu mengikuti kuliah. Sewaktu semester dimulai, sibuklah dengan meminta warisan kakak kelas, sok akrab dan minta buku atau kalau perlu fotokopi materi kuliah milik mereka.

2.Sewaktu Kuliah Dengarkan Dosen
Selama kuliah berlangsung kamu jangan bolos, jangan juga ngobrol, pokoknya kuliah itu kamu ikuti serius, duduk paling depan dan kalau perlu bikin catatan kecil menggunakan pulpen dan spidol warna-warni. Kalau memang ada penekanan dari dosen silahkan ditanyakan : oh ya ini melatih kamu untuk menghapal di dalam kelas. Lagipula dosen itu biasanya memberikan penekanan pada soal mana nanti akan keluar loh. Apalagi kalau dosennya tahu kamu aktif bertanya biasanya dia akan memberi catatan khusus buat keaktifan kamu di dalam kelas.

3. Buat catatan kecil, berisi poin penting
Bukan buat sontekan ya, tapi rangkuman kecil yang bisa  kamu bawa kemana-mana, bisa di kertas kecil atau juga foto menggunakan kamera handphone, kemana pun kamu pergi nonton, makan, minum dibawa nongkrong sambil dibuka-buka kalau kamu punya waktu luang.

4.Malam sebelum ujian lakukan Persiapan.
Jangan terlalu capek, silahkan minum kopi, minum  minuman bersoda dengan bijak ya, jangan berlebihan. Pengalaman saya minuman bersoda merek CC 1 liter dengan es batu  itu cukup melawan kantuk, kandungan cafeinnya agak tinggi dan gulanya juga banyak, efeknya tubuh kamu tidak lemas waktu bangun pagi dan masih lumayan segar ketika berangkat ujian meski kadang kelewat sarapan.

5.Kalau Sudah Lelah Ya Istirahat
Malam belajar sampai pagi itu berat, kalau kamu sudah maksimal mengeluarkan tenaga ya istirahat saja nggak usah dipaksakan. Namanya tubuh manusia sehebat apapun perlu tidur dan bangun pagi. Lagipula kalau kamu paksakan nggak akan masuk sih materi ujiannya. Jadi tidur saja dan berharap pagi-pagi pukul empat kamu sudah cukup segar lagi dan mulai belajar membuka buku lagi.

6.Usahakan Ngobrol Bareng Teman
Satu malam sebelum waktu ujian, biasakan sore hari ngobrol dengan teman-teman tentang materi kuliah, contoh-contoh soal, bisa di kafe sambil nongkrong melepas stress. Ini membantu menggali memori kamu yang sudah di endapkan ketika kamu ikut kuliah dulu. *pasti kamu mudah menggali memori ini, kan kamu sudah mendengarkan dosen, mencatat dan ditambah diskusi dikit pasti akan lebih mudah mengingatnya.

7. Jangan Mimpi Dapat Nilai A
Ya, realistis sajalah. Kalau emang kamu bukan mahasiswa jenius, bukan tukang sontek, ya kalau dapat nilai 80 itu sudah terlalu bagus, yang penting lulus. Kalau kamu dapat nilai 100 jangan-jangan kamu sudah terlalu pintar ya. Ya nggak papa sih, tapi kamu kan kalau ujian banyak mata kuliah bukan satu.  

8.Berdoa Supaya Lulus
Ya, namanya juga usaha dan berdoa, kalau salah satu tips ini saya suruh berdoa masalahnya saya bukan atheis. Lagipula ortu kita kan dah keluarin cukup banyak uang untuk membiayai kuliah kita. Harapan mereka ya kita lulus dengan nilai yang bagus dan kamu sebaiknya mendukung ortu dan jangan mengecewakan mereka ya.

 317 total views,  2 views today

About Bernadi SSi.Apt

Penulis,blogger-novelis, pengedar obat bergelar apoteker, pekerja sosial yang humanis, penikmat sastra dan fotografi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link